Senin, 20 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Cara menghilangkan ketombe secara alami merupakan upaya untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala dengan menggunakan bahan alami. Selain kutu rambut, ketombe merupakan hal yang dapat mengganggu kulit kepala. Kutu rambut dan ketombe sama-sama dapat menimbulkan gatal. Bedanya, ketombe bukanlah suatu makhluk hidup.



Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala. Ketombe merupakan salah satu jenis penyakit kulit. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena kurangnya kelembaban pada kulit kepala, jamur, dan bisa juga karena bakteri.



Adanya ketombe pada kulit kepala dapat menimbulkan rasa gatal. Biasanya untuk mengatasi dan mencegah ketombe, orang menggunakan shampo. Selain shampo, ternyata ada bahan-bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Berikut cara mengatasi ketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami.



Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami



1. Lidah buaya

Lidah buaya atau disebut juga aloe vera merupakan tanaman yang memiliki berbagai khasiat, salah satunya adalah untuk kesehatan rambut. Lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe. Cara pemakaiannya yaitu dengan mengambil bagian dalam lidah buaya lalu dioleskan hingga merata pada bagian kulit kepala yang terdapat ketombe atau terasa gatal. Setelah itu didiamkan dalam waktu 15 menit hingga olesan lidah buaya merata dan diserap kulit kepala dan rambut. Selanjutnya, bilas rambut dengan air bersih dan sampo.



2. Lemon




Selain lidah buaya, lemon juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala. Caranya, satu buah lemon diambil airnya kemudian dicampur minyak kelapa sebanyak 15 mililiter. Campuran tersebut digunakan untuk dibasuhkan ke rambut hingga kulit kepala kemudian kulit kepala dipijit secara perlahan. Cara ini sebaiknya dilakukan pada malam hari karena perlu diendapkan terlebuh dahulu dalam kurun waktu 8 jam.



3. Santan kelapa

Bahan alami berikutnya yang dapat mengatasi masalah ketombe yaitu santan kelapa. Yang perlu disediakan yaitu santan dari setengah butir kelapa, air kelapa satu sampai satu setengah gelas, air perasan jeruk nipis, dan nanas berukuran sedang yang dibuat jus. Semua bahan tersebut dicampur lalu diaduk sampai larut dan merata. Campuran tersebut digunakan untuk mencuci rambut yang terkena ketombe. Setelah itu, keramasi rambut dengan menggunakan shampo hingga bersih. Supaya maksimal, cara tersebut dilakukan rutin seminggu sekali.



4. Minyak zaitun

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun yaitu dengan mengoleskan campuran minyak zaitun dan minyak almond. Bahan-bahannya yaitu 2 sendok makan minyak zaitun yang dicampurkan dengan 1 sendok makan minyak almond. Campuran tersebut dioleskan pada kulit kepala sambil memijatnya secara perlahan supaya merata. Setelah itu, didiamkan selama 15 menit agar campuran tersebut benar-benar merata dan meresap pada kulit kepala. Sesudah dibiarkan mengendap hingga 15 menit, bilas dengan air bersih dan shampo untuk membersihkan rambut dan kulit kepala.



5. Mengkudu

Mengkudu atau pace juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Cara pemanfaatannya, mengkudu yang telah masak diparut. Kemudian mengkudu hasil parutan tersebut dicampur dengan sedikit air kemudian aduk hingga merata. Selanjutnya, campuran tersebut dioleskan ke kulit kepala sambil memijitnya secara perlahan. Biarkan hingga kering. Setelah itu, dibilas dengan air bersih.



Itulah sejumlah bahan alami yang dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe. Demikiantips cara menghilangkan ketombe secara alami.
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 20 Oktober 2014.
0 Comments