Senin, 10 November 2014

Bagikan Artikel :
Tips Cara Mengatasi Rambut Kering - Ada sejumlah masalah yang dapat terjadi pada rambut. Selain ketombe, masalah lainnya yang bisa timbul adalah rambut kering. Seperti halnya cara mengatasi ketombe, cara mengatasi rambut kering bisa dengan sejumlah langkah sederhana. Sebenarnya apa yang membuat rambut menjadi kering?



Penyebab Rambut Kering

Rambut kering dapat disebabkan karena rambut terlalu sering terkena sinar matahari. Selain itu, penggunaan shampo yang kurang tepat juga dapat menyebabkan rambut kering. Berikut ini penyebab rambut kering.

1. Terkena terik sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

2. Pewarnaan rambut yang tidak sesuai dengan prosedur.

3. Menyisir rambut pada waktu yang tidak tepat, misalnya ketika rambut basah.

4. Menyisir rambut dengan cara yang tidak tepat, misalnya dengan menggunakan sisir yang bergigi rapat.

5. Pemakaian bahan kimia salon dan make up secara berlebihan.

6. Pengeringan rambut secara berlebihan dengan menggunakan handuk setelah mandi atau keramas.

7. Penggunaan alat pengering rambut, pelurusan dan pengeritingan rambut.



Tips Cara Mengatasi Rambut Kering



1. Hindari mengikat rambut ketika tidur

Cara pertama untuk mengatasi rambut kering yaitu dengan tidak mengikat rambut ketika tidur. Tidur dalam keadaan rambut terikat adalah hal yang kurang baik untuk kesehatan rambut. Jadi, lepas ikatan rambut sebelum tidur supaya rambut dapat 'bernapas'.



2. Hindari pemakaian alat penata rambut

Cara berikutnya untuk mengatasi rambut kering adalah dengan tidak menggunakan berbagai jenis penata rambut yang dapat menimbulkan kerusakan pada rambut. Alat penata rambut seperti blow dryer, pengeriting rambut, dan lainnya sebaiknya dihindari. Alat-alat tersebut menghasilkan panas yang cukup tinggi dapat merusak rambut. Jika rambut Anda kering, hindari penggunaan alat-alat tersebut.



3. Memakai kondisioner yang tepat

Cara mengatasi masalah rambut yang kering berikutnya yaitu dengan memakai kondisioner yang tepat. Kondisioner merupakan alat pelembap rambut. Alat ini umumnya digunakan sehabis keramas. Alat ini biasa dipakai untuk mengatasi masalah rambut kering. Akan tetapi, penggunaan yang tidak tepat dapat membuahkan hasil yang kurang baik. Sebelum memakai kondisioner, pastikan shampo sudah benar-benar terbilas hingga bersih.



4. Perhatikan cara menyisir dengan baik

Menyisir rambut dengan cara yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Menyisir ketika rambut masih basah atau menyisir dengan menggunakan sisir yang bergigi rapat adalah tindakan yang kurang tepat. Dalam keadaan basah, rambut kering menjadi agak rapuh. Apabila disisir, dapat menyebabkan rambut rontok. Terlebih lagi jika sisir yang digunakan adalah sisir yang bergigi rapat. Oleh karena itu, biarkan rambut kering secara alami sebelum disisir.



5. Jangan membilas rambut dengan air panas

Membilas rambut dengan air panas dapat merusak rambut. Bagi yang biasa memakai air hangat untuk mandi, hindari membias rambut dengan menggunakan air panas.



6. Hindari menggaruk kulit kepala secara berlebihan

Menggaruk kulit kepala secara berlebihan dapat merusak kulit kepala sehingga pelembap alami rambut yang dihasilkan oleh kulit kepala menjadi berkurang.



7. Hindari keramas setiap hari

Keramas merupakan tindakan yang baik untuk kesehatan rambut. Namun, keramas terlalu sering dapat membuat rambut kusam dan mudah rontok bagi pemilik rambut kering. Rambut menghasilkan zat semacam minyak secara alami. Kadarnya tidak sama untuk semua orang. Orang dengan kadar minyak yang tinggi mungkin perlu keramas setiap hari untuk menjaga kebersihan rambut. Akan tetapi, bagi pemilik rambut kering cukup keramas dua hari sekali.



8. Pakai masker

Untuk rambut kering yang sudah lumayan parah, cara mengatatasi masalah rambut kering yang dapat dilakukan yaitu dengan memakai masker rambut. Tak harus pergi ke toko untuk mendapatkan masker rambut, karena masker ini dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun dan alpukat.



Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk melembabkan rambut yang rusak dan kering. Caranya yaitu dengan menggunakan minyak ini untuk memijat tempurung kepala secara perlahan, dalam waktu kira-kira 30 menit sebelum keramas.



Alpukat

Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering adalah buah alpukat. Cara penggunaannya yaitu alpukat dicampur dengan santan kelapa hingga mengental kemudian dioleskan pada kulit kepala secara merata.



Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 10 November 2014.
0 Comments