Senin, 20 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok - Ada beragam masalah yang dapat terjadi pada rambut, seperti ketombe, rambut kering, dan kutu rambut. Selain itu, masalah rambut yang menimpa banyak orang yaitu rambut rontok.  Artikel kesehatan ini membahas tentang penyebab kerontokan pada rambut dan cara mengatasi rambut rontok secara alami.



Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok dapat disebabkan karena rambut kekurangan nutrisi. Selain itu, stres dan depresi juga dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Rambut yang kurang terawat dan penggunaan bahan kimia untuk rambut secara berlebihan juga dapat memicu terjadinya rambut rontok.



Hal lainnya yang memicu terjadinya kerontokan pada rambut adalah faktor hormon. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan rambut rontok. Penyebab lainnya yaitu faktor keturunan.



Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Masalah rambut rontok dapat diatasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Sejumlah bahan alami dapat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, seperti berikut ini.



1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal berkhasiat untuk rambut. Salah satu manfaat lidah buaya adalah untuk mengatasi rambut rontok. Caranya, lidah buaya dicuci hingga bersih terlebih dahulu lalu dibuka dan diambil lendir dari lidah buaya tersebut. Lendir tersebut digunakan untuk mengolesi rambut. Setelah itu, biarkan hingga setengah jam sebelum rambut dibersihkan. Cara tersebut harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



2. Alpukat

Bahan alami selanjutnya yang dapat berguna untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah buah alpukat. Cara penggunaannya yaitu daging buah alpukat dihaluskan lalu dioleskan pada rambut dan biarkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasanya.



3. Minyak kelapa

Selain lidah buaya dan alpukat, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan antioksidan yang terdapat pada minyak kelapa bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan pada kutikula. Selain itu, minyak kelapa juga berkhasiat untuk melembutkan rambut.



Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan minyak kelapa yaitu minyak kelapa dioleskan pada rambut atau dengan cara disisr dengan memakai minyak tersebut. Pastikan olesan minyak meresap ke akar hingga ujung rambut. Biarkan hingga kurang lebih setengah jam dengan rambut memakai handuk yang tertutup. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih lalu keramas seperti biasanya.



4. Teh hijau

Teh hijau kaya akan manfaat. Salah satu khasiatnya yaitu untuk mengatasi masalah rambut rontok. Caranya, sediakan seduhan teh hijau lalu biarkan semalaman. Oleskan seduhan teh hijau tersebut pada rambut. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih kemudian keramas seperti biasanya.



5. Telur

Rambut tersusun atas protein. Untuk itu, rambut perlu asupan protein agar kesehatannya terjaga. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein. Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan telur yaitu telur dikocok terlebih dahulu kemudian oleskan pada rambut seperti halnya penggunaan minyak kelapa untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.



Demikian cara mengatasi rambut rontok secara alami. Penanganan rambut rontok juga harus diiringi dengan perawatan yang tepat agar berhasil. Berikut ini sejumlah tips untuk meringankan masalah rambut rontok.



- Mengonsumsi makanan bergizi terutama yang kaya akan kandungan protein dan zat besi.

- Hindari keramas dengan menggunakan air yang terlalu panas.

- Istirahat yang cukup.

- Olahraga secara teratur untuk memperlancar peredaran darah ke kulit kepala.

- Hindari stres.

- Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah.

- Hindari menarik-narik rambut tanpa alasan yang jelas

- Pakai gunting yang tajam ketika memotong rambut.

- Lindungi kulit kepala dari sinar matahari secara langsung.

- Pakai shampo yang dibuat dari bahan-bahan herbal.

- Hindari penggunaan hair dryer, pakai saja handuk untuk mengeringkan rambut, atau yang lebih aman lagi cukup diangin-anginkan.



Makanan yang Baik untuk Kesehatan Rambut

Agar rambut tetap terjaga, perlu asupan nutrisi yang cukup. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan rambut.



1. Pisang

Pisang mengandung vitamin B yang berfungsi untuk menjadikan folikel rambut lebih sehat. Apabila folikel rambut sehat, aliran oksigen yang menuju ke kulit kepala menjadi lancar.



2. Wortel

Wortel mengandung betakaroten yang dapat bermanfaat untuk menghindari terjadinya kerontokan pada rambut.



3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli baik untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin A dan C pada sayuran hijau baik untuk kesehatan rambut.



4. Ikan

Kandungan omega 3 pada ikan baik untuk kesehatan rambut karena zat ini dapat menguatkan akar rambut sehingga menjadikan rambut tidak mudah rontok.



5. Kacang

Kandungan biotin, protein, dan seng yang terdapat pada rambut adalah nutrisi yang diperlukan oleh rambut.

Itulah sejumlah makanan yang baik untuk kesehatan rambut.



Cara Mengatasi Rambut Rontok

Sekian ulasan tentang rambut rontok, mulai dari penyebab dan cara mengatasi rambut rontok serta makanan yang baik untuk kesehatan rambut.
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 20 Oktober 2014.
0 Comments