Senin, 20 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Tips Cara Menghilangkan Panu Secara Alami - Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang pernah dialami banyak orang. Penyebab panu yaitu infeksi jamur Pityrosporum ovale pada permukaan kulit. Panu dapat timbul pada berbagai permukaan kulit, seperti pipi, dagu, dahi, leher, tangan, perut, punggung, dan kaki.



Panu memang bukanlah penyakit berbahaya seperti halnya stroke dan kanker. Panu tergolong penyakit ringan. Namun, timbulnya panu bisa mengurangi rasa percaya diri, apalagi panu yang timbul pada wajah.



Penyebab Panu

Kurangnya menjaga kebersihan tubuh seperti jarang mandi dapat memicu timbulnya panu. Keringat berlebihan yang melekat pada kulit dapat membuat kulit lengket. Kondisi ini membuat jamur tumbuh dan berkembang dengan subur.



Penularan Panu

Panu termasuk penyakit menular. Salah satu media penularannya yaitu melalui pakaian. Misalnya, Anda meminjam baju pada teman yang sedang terkena panu. Meski secara kasat mata terlihat bersih, jamur yang melekat pada baju tersebut dapat berpindah ke tubuh Anda ketika Anda memakainya.



Media penularan panu lainnya yaitu handuk. Memakai handuk secara bergantian dengan orang yang mengidap panu bisa mengakibatkan tertularnya panu.



Tips Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Sejumlah bahan alami dapat digunakan untuk mengatasi panu. Salah satu bahan tradisional yang berkhasiat untuk menghilangkan panu adalah lengkuas atau laos. Selain itu, ada juga bawang putih, kunyit, ramuan jeruk nipis, dan daun pare.



1. Lengkuas

Lengkuas atau laos merupakan bahan tradisional yang populer khasiatnya untuk mengatasi panu. Caranya, parut lengkuas. Gosokkan parutan lengkuas pada bagian kulit yang terkena panu.



2. Bawang putih

Selain lengkuas, bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan panu pada kulit. Caranya, sediakan satu siung bawang putih lalu potong menjadi dua. Gosokkan potongan tersebut pada bagian kulit yang terkena panu. Lakukan secara rutin 3 kali dalam sehari (pagi, siang, malam) hingga panu mengelupas.



3. Kunyit

Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi panu yaitu kunyit. Cara penggunaannya seperti lengkuas, yaitu diparut kemudian parutan kunyit dioleskan pada bagian kulit yang terkena panu.



4. Jeruk nipis

Sediakan jeruk nipis dan belerang. Jeruk nipis dibelah menjadi empat bagian dan belerang ditumbuk hingga halus. Celupkan jeruk nipis yang telah dibelah tersebut ke dalam belerang. Selanjutnnya, gosokkan jeruk nipis tersebut pada bagian kulit yang terkena panu. Lakukan 2 kali sehar setelah mandi hingga kulit benar-benar bebas dari panu.



5. Daun pare

Campur pucuk daun pare dengan kapur sirih, lalu tumbuk hingga halus. Oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang terdapat panu.



Demikian bahan alami yang dapat bermanfaat untuk mengatasi panu. Demikian tips cara menghilangkan panu secara alami.



Cara Mencegah Panu

Kalau sudah mengetahui cara mengatasi panu, ada baiknya juga mengetahui cara mencegah panu supaya terhindar dari penyakit kulit yang satu ini. Berikut ini sejumlah tips untuk mencegah panu.



1. Mandi dua kali sehari.

2. Menjemur handuk sesudah digunakan, jangan membiarkan dalam keadaan basah.

3. Hindari bergantian menggunakan handuk atau pakaian dengan orang lain, khususnya dengan orang yang terkena panu.

4. Gantung atau simpan pakaian di tempat yang kering, tapi jangan terlalu lama untuk menghindari jamur.

5. Mengganti handuk sesering mungkin.



Demikian tips cara mencegah panu. Panu bukanlah penyakit berbahaya. Tetapi penyakit ini dapat menimbulkan rasa kurangnya percaya diri. Selain itu, panu termasuk salah satu penyakit menular.
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 20 Oktober 2014.
0 Comments