Senin, 20 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Ir. Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa Ahok merupakan Wakil Gubernur DKI sejak 15 Oktober 2012 untuk mendampingi Joko Widodo yang menjabat sebagai Gubernur.



Sebelum menjadi wagub, Ahok adalah anggota Komisi II DPR periode 2009-2014 dari Partai Golkar. Namun, ia mengundurkan diri sebelum masa jabatannya habis setelah pada tahun 2012 mencalonkan diri sebagai wagub DKI Jakarta. Sebelum menjadi anggota Komisi II DPR, Ahok pernah menjadi Bupati Belitung Timur untuk periode 2005-2006.


Latar belakang

Ahok merupakan putra pertama dari Indra Tjahaja Purnama (Alm.) dan Buniarti Ningsih. Ahok lahir di Belitung Timur, 29 Juni 1966. Ia mempunyai 3 orang adik, yaitu Harry Basuki, Fifi Lety, dan Basuri Tjahaja Purnama. Keluarganya merupakan keturunan Tionghoa-Indonesia yang berasal dari suku Hakka.



Sewaktu kecil, Ahok banyak menghabiskan waktunya di Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, sampai selesai tamat SMP. Setelah tamat SMP, ia melanjutkan pendidikannya di Jakarta. Ia menikah dengan Veronica, wanita kelahiran Medan, Sumatera Utara dan dikaruniai tiga anak.



Profil
Nama: Basuki Tjahaja Purnama
Tempat Lahir: Manggar, Belitung Timur
Tanggal Lahir: 29 Juni 1966
Istri: Veronica Tan, S.T.
Agama: Kristen Protestan

Pendidikan

Setelah tamat SMA, Ahok meneruskan pendidikannya ke Universitas Trisakti. Ia mengambil jurusan Teknik Geologi dan memperoleh gelar insinyur tahun 1990. Ahok menuntaskan pendidikan magister tahun di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya pada tahun 1994 dan mendapatkan gelar Master Manajemen.



Karier sosial dan politik

Tahun 2004 Ahok memasuki dunia politik bergabung bersama Partai PIB (Partai Indonesia Baru). Pada tahun 2004, ia maju sebagia calon legislatif. Kemudian ia terpilih menjadi anggota DPRD Belitung Timur untuk periode 2004-2009.



Pada tahun 2005, Ahok maju dalam Pilkada Beltim berpasangan dengan Khairul Effendi, B.Sc. Pasangan ini terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati dengan perolehan suara yang mencapai 37,13%. Pada tahun 2006, Ahok mengundurkan diri sebagai bupati untuk maju dalam pemilihan gubernur Bangka Belitung tahun 2007. Ia menyerahkan jabatannya kepada Khairul Effendi selaku wakilnya.



Pada Pilkada Gubernur Bangka Belitung 2007, Ahok  menjadi kandidat calon Gubernur. Majunya Ahok sebagai cagub Babel didukung oleh K.H. Abdurrahmad Wahid. Namun, Ahok tidak berhasil memenangkan pilkada tersebut.



Tahun 2012, Ahok mencalonkan diri sebagai Wagub DKI Jakarta untuk mendampingi Jokowi sebagai cagub. Pasangan ini berhasil mendapatkan suara terbanyak pada putaran pertama dan kedua.



Penghargaan

Pada tanggal 1 Februari 2007, Ahok mendapatkan penghargaan dari Grakan Tiga Pilar Kemitraan sebagai Tokoh Anti Korupsi. Ia juga pernah masuk ke dalam 10 tokoh yang mengubah Indonesia versi Tempo. Pada tahun 2013, Ahok mendapatkan gelar Tokoh Kontroversial dari Anugerah Seputar Indonesia.

referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Basuki_Tjahaja_Purnama
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 20 Oktober 2014.
0 Comments