Senin, 20 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Keuntungan dan Kerugian Internet - Kehadiran internet di dunia ini memberikan dampak positif yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Namun, di sisi lain ada yang mempergunakan internet sebagai media untuk melakukan kegiatan yang tidak baik. Apa saja keuntungan dan kerugian internet?

Keuntungan Internet
1. Mengirim surat dengan bantuan pos tentu saja memerlukan peralatan seperti kertas, amplop, dan perangko. Selanjutnya, surat harus dikirim via kantor pos selama jam kerja. Surat tersebut bisa sampai dalam waktu satu hari, tiga hari, atau bahkan lebih lama lagi. Dengan memanfaatkan internet, mengirim surat jadi lebih cepat dan mudah serta bisa dikirim di mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan jaringan internet. Surat yang dikirimkan via internet dinamakan email.

2. Sejumlah pekerjaan manusia jadi lebih mudah dan lebih cepat selesai. Contohnya, ketika seseorang mencari berita, informasi, atau data tertentu via perpustakaan atau koran, tentu memerlukan waktu yang cukup lama. Dengan memanfaatkan internet, pekerjaan itu menjadi lebih mudah dan lebih cepat selesai.

3. Internet juga menguntungkan di bidang pendidikan. Pendaftaran sekolah atau beasiswa bisa dilakukan via internet. Sebelum ada internet, pendaftar datang langsung ke tempat pendaftaran. Bayangkan jika pendaftar yang berasal dari Sumatra harus datang ke Jakarta, berapa biaya, waktu, dan tenaga yang dibutuhkan? Dengan memanfaatkan internet, hal itu jadi lebih cepat dan mudah. Pendaftar tak harus mendatangi tempat pendaftaran, cukup dengan membuka layanan pendaftaran via internet (pendaftaran online) yang telah disediakan.

Itu hanya beberapa dari keuntungan internet bagi kehidupan manusia dan tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya.

Kerugian Internet
1. Internet bisa diakses oleh siapa saja, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Hal ini dipergunakan oleh orang-orang tertentu untuk mendapatkan keuntungan dengan jalan yang tidak halal. Ada orang yang memajang foto orang tanpa mengenakan busana seperti halnya binatang bahkan adegan-adegan yang tak senonoh yang ditampilkan di ruang publik. Karena siapapun bisa masuk ke dalam situs yang berisi konten seperti itu, tak terkecuali anak-anak, maka poin ini menjadi salah satu kerugian internet.

2. Dengan banyaknya foto, gambar, dan bahkan video 'tak senonoh' di internet, banyak orang yang menggunakan internet untuk mengunjungi situs yang berisi konten semacam itu. Bahkan di kalangan pelajar juga banyak yang mengunjungi situs web yang berisi konten yang 'tak senonoh' tersebut. 

3. Internet menyediakan berbagai fasilitas. Dari kemudahan mendapatkan berita dan informasi, teman baru, hingga banyaknya fasilitas gratis seperti film, musik, hingga game (permainan). Hal ini menjadikan para pengguna internet kecanduan untuk berlama-lama menggunakan internet sehingga mengurangi waktu untuk egiatan lain, seperti bersosialisasi. Ada juga yang sampai lalai karena asyik menggunakan internet.

4. Ada juga orang yang memanfaatkan internet untuk melakukan pembobolan rekening orang lain. Ada juga yang mencuri data dari komputer orang lain yang jaraknya berjauhan.

referensi: BSE Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP/MTs Untuk Kelas IX, Tuti Hartati dan Sussi
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 20 Oktober 2014.
0 Comments