Jumat, 24 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Kali ini 8Indo menyajikan ulasan seputar surat lagi. Dalam posting kali ini, 8Indo menyajikan contoh surat kuasa dan surat peringatan beserta ulasan mengenai kedua surat tersebut. Contoh surat yang ada di posting ini Admin muat dalam format gambar.



Meski zaman sudah modern, surat dinilai sebagai media komunikasi yang masih efektif. Surat dianggap sebagai media resmi dalam berkomunikasi. Surat menunjukkan keseriusan maksud yang disampaikan dari pembuat surat. Jenis surat yang masih digunakan sebagai media komunikasi hingga kini yaitu surat kuasa dan surat peringatan. Apa itu surat kuasa dan apa pula pengertian surat peringatan?



Surat Kuasa



Pengertian

Surat kuasa merupakan surat yang isinya tentang pelimpahan kuasa/wewenang dari orang tertentu kepada orang lain. Pelimpahan kuasa dapat mewakili pihak pemberi kuasa.



Jenis-jenis

- surat kuasa pengambilan keputusan politik

- surat kuasa pengambilan keputusan

- surat kuasa penjualan

- surat kuasa pencairan uang

- surat kuasa pengambilan gaji

- surat kuasa pengambilan dokumen kependudukan



Ciri-ciri:

1. Berisi tentang pemberian wewenang/kuasa kepada seseorang guna mengurus suatu kepentingan.

2. Bahasa yang digunakan lugas, singkat, tak berbelit-belit, dan efektif.



Contoh Surat Kuasa

(nama, alamat, tempat, tanggal lahir, pekerjaan, dan alamat adalah karangan Admin, bukan mewakili identitas yang sesungguhnya)






Surat Peringatan

Surat peringatan merupakan surat yang berisi tentang peringatan yang berupa teguran atau sanksi terhadap pelanggaran umum, seperti tidak menaati peraturan, kurang disiplin dalam bekerja, tidak menghadiri rapat, dan sebagainya.



Dalam dunia pendidikan, surat peringatan seringkali diberikan bagi siswa atau mahasiswa yang melanggar peraturan sekolah atau perguruan tinggi. Surat peringatan tersebut diberikan karena suatu hal, misalnya belum melunasi SPP dalam batas waktu yang telah ditentukan.



Karena masih dalam tahap peringatan, maka yang menerima peringatan diberi kesempatan untuk memperbaiki dirinya. Kalau sudah diperingatkan tetapi masih saja belum berubah, atau bahkan makin parah, maka ia bisa mendapatkan sanksi dari lembaga terkait.



Contoh Surat Peringatan




Demikian contoh surat kuasa dan surat peringatan beserta sedikit ulasannya. Lihat juga ulasan tentang contoh surat lainnya di www.8indo.com, sebuah website yang menyajikan ulasan berbagai tema, termasuk salah satunya yaitu tentang surat.
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Jumat, 24 Oktober 2014.
0 Comments