Jumat, 24 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Surat dinas merupakan surat yang isinya seputar hal yang berkaitan dengan kedinasan atau kegiatan dinas. Surat ini termasuk jenis surat resmi sehingga bahasa yang digunakan adalah bahasa yang formal. Selain itu, kata-kata yang digunakan juga harus efektif dan tidak berbelit-belit. Bagi Anda yang ingin melihat contoh surat dinas, bisa Anda temukan di laman ini.



Pada instansi, perusahaan, maupun lembaga, keberadaan surat dinas ini sangat penting. Pembuatan surat dinas merupakan bagian dari pekerjaan administratif yang penting. Jenis surat ini memiliki sejumlah fungsi bagi instansi atau perusahaan terkait.



Ciri-ciri Surat Dinas

- Isi singkat, padat, dan jelas

- Format resmi, tidak bisa semaunya.

- Menggunakan bahasa yang baku, sesuai EYD.



Fungsi Surat Dinas

- Sebagai arsip atau pengingat jika suatu saat dibutuhkan.

- Sebagai pedoman kerja dan panduan dalam membuat kebijakan/keputusan selanjutnya.

- Sebagai dokumen tertulis.

- Sebagai bukti historis gambaran perusahaan atau instansi.



Bagian-bagian Surat Dinas

Seperti surat resmi lainnya, surat dinas diawali dengan kepala atau kop surat. Kemudian berikutnya adalah tanggal surat. Bagian berikutnya yaitu nomor surat, lampiran, dan hal. Berikutnya yaitu bagian alamat yang hendak dituju, salam pembuka, isi, dan penutup. Berikutnya yaitu tanda tangan dari pembuat surat dinas, nama jelas, NIP (jika pembuat surat adalah PNS), tembusan, dan jabatan.



Cara Membuat Surat Dinas yang Baik

1. Surat disusun sesuai dengan teknis penyusunan surat dinas, seperti menyusun tata letak bagian-bagian surat mulai dari kepala surat, tanggal surat, nomor surat, hingga jabatan.



2. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baik dan benar, bahasa yang baku sesuai dengan tata aturan kaidah bahasa Indonesia.



3. Isi surat harus jelas, singkat, dan eksplisit agar mudah dipahami oleh penerima surat.



4. Penulis surat harus mengetahui posisi dan bidang tugasnya.



5. Memahami aturan-aturan yang berhubungan dengan masalah.



6. Berhubungan dengan ketatausahaan.



7. Memahami tentang masalah yang dipersoalkan.



Contoh Surat Dinas

Bagi Anda yang sedang mencari referensid dalam membuat surat dinas, atau bagi siswa sekolah yang ditugaskan untuk membuat surat dinas, berikut ini adalah contoh surat dinas dalam bahasa Indonesia (dalam format gambar).








Itulah contoh surat dinas dalam bahasa Indonesia. Isi surat hanya fiksi belaka.



Demikian ulasan seputar surat dinas yang termasuk surat resmi.
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Jumat, 24 Oktober 2014.
0 Comments