Senin, 20 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Tips Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami -Rambut yang rontok kalau dibiarkan secara terus menerus dapat menimbulkan kebotakan. Apabila sudah terjadi kebotakan, itu bukanlah akhir. Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rambut agar rambut lebat. Cara menumbuhkan rambut dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami.


Cara Menumbuhkan Rambut

Ada yang bilang kalau rambut adalah mahkota. Meski ada orang yang nyaman dengan rambut gundulnya, sejumlah orang menganggap kebotakan pada bagian kepala tertentu dianggap sebagai masalah. Rambut yang kurang subur atau kebotakan pada bagian tertentu dapat mengurangi rasa percaya diri.



Tips Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami



1. Lidah buaya

Cara menumbuhkan rambut yang pertama yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki berbagai khasiat untuk rambut. Caranya, sediakan satu batang lidah buaya kemudian patahkan. Setelah itu, oleskan patahan lidah buaya tersebut di kepala, baik pada daerah yang belum ditumbuhi maupun yang sudah ditumbuhi rambut. Selanjutnya, biarkan dalam waktu 30 menit sambil memijat-mijat kulit kepala secara perlahan supaya lendir lidah buaya merata pada kulit kepala.

Setelah lendir lidah buaya telah merata pada kulit kepala, bilas dengan air bersih. Pastikan lendir-lendir lidah buaya sudah tidak tersisa di kulit kepala. Lakukan cara ini dua sampai tiga kali seminggu.



2. Urang-aring

Cara menumbuhkan rambut berikutnya yaitu dengan menggunakan urang-aring. Urang-aring merupakan tamanan yang dijadikan sebagai bahan pembuat ramuan penyubur rambut. Cara pemakaiannya, sediakan satu ikat kecil daun urang-aring. Selanjutnya, tumbuk hingga halus atau hauskan dengan blender. Usapkan urang-aring yang telah dihaluskan ke kulit kepala. Biarkan dalam waktu kurang lebih 10 menit. Setelah itu, keramas seperti biasanya.



3. Kemiri

Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk menumbuhkan rambu yaitu kemiri. Bumbu masakan ini dapat bermanfaat untuk membantu menumbuhkan dan melebatkan rambut. Hal ini karena kemiri mengandung minyak dan vitamin B. Vitamin B merupakan vitamin yang penting untuk rambut.

Caranya penggunaannya, sediakan 20 buah kemiri kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, campur dengan air kurang lebih 100 cc. Panaskan kemiri yang telah dihaluskan tersebut dengan air sampai minyak kemirinya muncul. Jika sudah, biarkan hingga dingin. Setelah itu, ambil minyaknya lalu oleskan pada kulit kepala yang mengalami kebotakan hingga yang ditumbuhi rambut. Lakukan cara ini seminggu 3 kali.



Nutrisi Penting untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Rambut memerlukan asupan nurtisi yang cukup untuk proses pertumbuhannya. Berikut ini nutrisi penting untuk kesuburan rambut.



1. Protein

Rambut tersusun atas protein yang disebut keratin. Keratin ini berfungsi untuk memberikan kemilau pada rambut. Tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat dapat mengurangi keratin pada rambut, sehingga rambut menjadi kering dan keriting. Untuk itu, diperlukan asupan protein untuk pertumbuhan rambut baru. Contoh bahan makanan sumber protein yaitu ikan, telur, kedelai, biji-bijian, dan kacang-kacangan.



2. Vitamin

Vitamin dan mineral tertentu dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Vitamin A, B, C, dan E dapat berfungsi untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut. Bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin tersebut di antaranya adalah paprika, brokoli, jeruk, buncis, nanas, pisang, gandum, dan kentang.



3. Lemak

Dalam hal ini lemak yang dibutuhkan bukanlah lemak jahat, melainkan lemak baik. Rambut membutuhkan asupan lemak baik. Dalam pertumbuhannya, rambut membutuhkan asupan asam lemak omega-3 dan vitamin A, D, E, dan K. Jadi, konsumsi makanan seperti salmon, telur, kedelai, dan minyak ikan untuk pertumbuhan rambut.



4. Zat besi dan seng

Rambut rapuh dapat disebabkan karena kandungan besi dan seng yang rendah. Makanan seperti ikan, ayam, daging, kerang, daging merah, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran baik untuk menjaga kesehatan rambut.



Cara Menumbuhkan Rambut

Itulah ulasan seputar tips cara menumbuhkan rambut secara alami beserta nutrisi penting untuk perawatan rambut agar tetap sehat.
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 20 Oktober 2014.
0 Comments