Senin, 20 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Tips cara mempercepat koneksi internet merupakan upaya untuk meningkatkan kecepatan akses internet. Mengakses internet dengan kecepatan yang tinggi tentu sangat menyenangkan karena proses loading cepat. Namun, apa jadinya jika internet lambat alias lemot, bisa bikin kesal. Apalagi bagi pelajar yang ingin mencari bahan guna menyelesaikan tugas, sudah pusing dengan tugas malah dipusingkan dengan akses internet yang lambat.



tips cara meningkatkan kecepatan akses internet





Untuk mengetahui mengapa akses internet bisa lambat, maka kita harus tahu penyebabnya. Kita harus tahu apa penyebab lambatnya akses internet.



1. Sinyal kurang mendukung

Bagi pengguna internet broadband yang menggunakan modem, maka sinyal adalah hal yang krusial. Sinyal yang kadang ada kadang tidak ada, tentu sangat berpengaruh terhadap akses internet. Jangankan sinyal yang kadang muncul kadang hilang, sinyal tidak penuh juga dapat berpengaruh terhadap kecepatan akses internet. Kalau sinyal penuh tapi internet masih lambat, mungkin ada penyebab yang menyebabkan akses internet lambat. Bisa jadi karena ada dinding atau gedung tinggi yang menghalangi sinyal.



2. FUP sudah habis

Bagi pengguna layanan internet unlimited, seringkali penyedia layanan menerapkan batas pemakaian wajar / fair usage policy (FUP). Kalau sudah mencapai batas penggunaan wajar, biasanya kecepatan akan diturunkan sehingga akses internet mulai mengalami penurunan kecepatan.



3. Modem panas

Ada modem yang cukup lama digunakan baru panas, dan ada juga yang cepat panas meski hanya digunakan dalam waktu beberapa puluh menit saja. Panas pada modem dapat mempengaruhi kinerja modem yang mengakibatkan lambatnya akses internet.



4. Banyak pengguna

Banyaknya pengguna yang mengakses internet juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet. Itulah sebabnya kecepatan akses internet seringkali cepat pada tengah malam hingga dini hari karena pengguna internet pada waktu-waktu tersebut tidak banyak.



5. Virus

Virus yang ada di komputer atau laptop juga dapat berpengaruh terhadap kecepatan akses internet. Ada virus yang memakai koneksi internet untuk menggandakan diri. Ada juga virus yang menguras kapasitas memori pada komputer atau laptop sehingga dapat menyebabkan aplikasi berjalan lambat dan mempengaruhi kecepatan akses internet.



6. Cuaca

Bagi pengguna internet broadband, selain sinyal, cuaca juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet. Kondisi cuaca yang mendung apalagi hujan dapat menurunkan kecepatan akses internet.



Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet

Lalu bagaimana cara meningkatan kecepatan akses internet? Berikut tipsnya.



1. Menggunakan DNS Google

Cara mempercepat kecepatan internet salah satunya yaitu dengan menggunakan DNS Google. DNS merupaka sistem penamaan domain. Masing-masing provider menyediakan DNS sendiri untuk penggunanya. Semakin banyak yang memakai, maka semakin lambat pula kecepatannya. Hal ini karena terjadinya rebutan antara pengguna internet dalam satu provider. Untuk mengatasi hal ini yaitu dengan memanfaatkan DNS publik milik Google.



Penggantian DNS dari DNS provider ke DNS Google tidak mengubah layanan yang sebelumnya didaftarkan (paket internet unlimited misalnya) dan juga tidak menambah bandwidth internet, tetapi untuk meningkatkan kecepatan akses ke berbagai website di internet. Putuskan sambungan internet terlebih dahulu lalu ganti DNS provider dengan DNS Googe, yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. lalu simpan. Hubungkan lagi ke internet dan coba rasakan perbedaannya.



2. Menggunakan antena tambahan

Bagi pengguna di mana sinyal di daerahnya kurang mendukung, maka diperlukan antena tambahan. Antena tambahan tersebut berfungsi untuk menangkap sinyal yang jauh. Dengan begitu, sinyal dapat mengalami peningkatan sehingga kecepatan internet bisa mengalami peningkatan. Selain dengan membeli antena yang sudah jadi, bisa juga dengan membuatnya sendiri dengan menggunakan waja, istilahnya wajan bolic.



3. Upgrade ke paket yang lebih cepat

Kalau ada yang menawarkan paket internet unlimited dengan biaya Rp 50.000 per bulan, dan disebutkan batas kecepatannya adalah 14,7 Mbps, jangan harap untuk mendapatkan kecepatan segitu. Bagi yang tinggal di daerah yang sinyalnya kurang mendukung, memilih paket unlimited Rp 50.000 sepertinya bukan pilihan yang tepat. Hal ini karena pada paket unlimited biasanya dibatasi kecepatan tertentu, ditambah lagi sinyal yang kurang mendukung. Namun, bagi yang rela berlama-lama menunggu loading, sah-sah saja memilih paket itu. Hal ini berbeda bagi yang tinggal di daerah yang sinyalnya penuh (dengan asumsi tidak ada halangan lainnya), paket internet dengan harga segitu bisa jadi pilihan, apalagi untuk mahasiswa.



4. Setting Windows

Tahukah Anda bahwa ternyata Windows membatas 20% dari bandwidth internet untuk keperluan update Windows. Itu artinya bagi pengguna OS Windows, koneksi internet yang digunakan tidak 100% melainkan 80%. Oleh karena itu, salah satu cara mempercepat koneksi internet adalah dengan mengatur Windows agar internet yang digunakan adalah 100%. Caranya, buka gpedit.msc (buka menu Start lalu ketik gpedit.msc pada kolom Search programs and files untuk pengguna Windows 7, lalu buka program tersebut). Setelah itu, pilih Local Computer Privacy => Computer Configuration => Administrative Templates => Network => QoS Packet Scheduler. Klik dua kali pada pilihan Limit Reservable Bandwidth.



Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 20 Oktober 2014.
0 Comments