Senin, 20 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Perangkat input komputer merupakan keras komputer yang digunakan untuk memberi masukan ke dalam komputer. Perangkat ini juga berfungsi untuk menerjemahkan kode yang dikenali media input ke dalam kode yang dikenal komputer lalu mengirimkan data tersebut ke media penyimpanan.



Dalam belajar dasar-dasar komputer, pengetahuan seputar perangkat input perlu dipahami agar tahu alat-alat yang digunakan pada komputer.



Macam-macam Perangkat Input Komputer



1. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat input komputer yang berupa papan ketik. Keyboard berfungsi untuk memasukkan data berupa teks (karakter: huruf, angka, tanda baca, dan spasi). Keyboard yang banyak digunakan adalah keyboard dengan sistem QWERTY. Selain itu, keyboard juga dilengkapi dengan tombol fungsi, tombol kontrol, dan sejumlah tombol bantu lainnya.



2. Mouse

Mouse atau tetikus merupakan alat penunjuk pada layar komputer. Mouse berfungsi untuk memindahkan kursor dan mengatur kursor di posisi yang diinginkan di layar komputer. Untuk memindahkan kursor, cukup dengan menggeser posisi mouse. Selain itu, mouse juga dilengkapi dengan tombol untuk klik kiri, klik kanan, dan scroll wheel (bagian tengah mouse).



3. Joystick

Joystick merupakan peranti yang fungsinya untuk mempermudah dalam bermain game di komputer.



4. Scanner

Scanner merupakan perangkat yang berfungsi untuk memindai teks atau gambar yang kemudian dapat disimpan dalam bentuk file ke dalam komputer.



5. Trackball

Trackball merupakan perangkat yang fungsinya seperti mouse. Namun, penggunaan trackball lebih praktis daripada mouse. Jika mouse harus digeser untuk menggeser pointer di layar komputer, pada trackball hanya perlu memutar bola sesuai dengan arah pointer yang diinginkan.



Itulah macam-macam perangkat input komputer. Selain itu, ada juga yang lainnya seperti touch pad, light pen, dan sebagainya.
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 20 Oktober 2014.
0 Comments