Senin, 20 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Trik sulap kimia dan fisika merupakan trik sulap yang menggunakan ilmu fisika dan kimia. Meski terlihat seperti tidak masuk akal, namun bisa dijelaskan secara ilmiah karena sulap fisika menggunakan sains.



Trik Sulap Menghilangkan Air dalam Gelas / Cangkir



Alat dan bahan

1. cangkir atau gelas yang tidak transparan

2. air

3. natrium poliakrilat



Persiapan

Tuang natrium poliakrilat kurang lebih 1 sdm ke dalam cangkir. Natrium poliakrilat bisa didapat di toko bahan kimia atau di dalam popok bayi sekali pakai.



Permainan

1. Masukkan air ke dalam cangkir sebanyak 1/4 cangkir. Air akan bereaksi dengan natrium poliakrilat membentuk gel.

2. Balik gelas dan air tidak tumpah (seolah-olah hilang dari dalam gelas). Usahakan untuk tidak menunjukkan isi dalam gelas.



Rahasia

Natrium poliakrilat bertindak seperti spons dan menyerap kelembaban. Saat dicampur air, senyawa tersebut menjadi gel padat. Setelah senyawa tersebut membentuk gel, air tidak cair lagi dan tidak dapat tumpah. Natrium poliakrilat memiliki kemampuan higroskopi, yakni menyerap dan menahan air. Inilah alasan mengapa pada popok bayi terdapat senyawa semacam itu.



trik sulap fisika, trik sulap kimia, percobaan fisika, eksperimen kimia



Trik Sulap Balon Ditusuk dengan Jarum tidak Pecah

Pernahkah Anda menyaksikan permainan sulap berupa balon yang ditusuk jarum tidak pecah? Caranya balon dilapisi dengan menggunakan isolasi bening pada bagian yang akan ditembus jarum. Bagian balon yang telah diberi isolasi kemudian ditusuk jarum tidak pecah karena tegangan pada permukaan balon tersebut menjadi berkurang.



Trik lainnya yaitu dengan menusuk bagian balon yang tidak terlalu tegang, yaitu pada bagian bawah atau bagian atas balon. Prinsipnya sama, bagian bawah dan bagian atas balon ketegangannya lebih kecil daripada bagian samping. Semakin tegang permukaan balon, semakin mudah pecah.



Trik Sulap Fisika Memanaskan Air dengan Gelas Plastik

Trik sulap fisika berikutnya yaitu memanaskan air dengan menggunakan gelas plastik air mineral. Bukan rahasia lagi jika plastik terkena api akan meleleh terbakar. Namun, bagaimana caranya memanaskan air dengan menggunakan gelas plastik sedangkan plastik adalah benda yang mudah terbakar?



Untuk mempraktekkannya, air mineral gelas plastik, lilin, dan korek api. Nyalakan lilin lalu angkat gelas di atas lilin yang nyala tersebut. Biarkan beberapa saat, perhatikan apakah gelas plastik tersebut meleleh atau tidak.



Yang lebih ekstrim lagi, balik gelas air mineral, lalu posisikan di atas nyala api lilin. Meski bagian yang terkena api adalah plastik yang lebih tipis, tetapi tetap saja tidak terbakar. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Penjelasan

Ketika memanaskan air mineral dalam gelas plastik, panas mengalir dari sumber panas melalui permukaan gelas dan dilanjutkan ke air. Jika gelas plastik tersebut tidak ada airnya, panas yang mengalir akan langsung melelehkan gelas plastik tersebut jika suhunya lebih besar dari titik leleh plastik. Tetapi, pada gelas plastik yang berisi air, panas dihantarkan ke air.



Panas dihantarkan permukaan gelas plastik ke air, selanjutnya panas tersebut yang digunakan untuk memanaskan air. Karena air memiliki kalor jenis yang cukup tinggi, waktu yang diperlukan untuk memanaskan hingga suhu yang dapat melelehkan plastik cukup lama.



Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 20 Oktober 2014.
0 Comments