Senin, 10 November 2014

Bagikan Artikel :
Hewan langka merupakan hewan yang jumlahnya sedikit. Supaya terhindar dari kepunahan, hewan langka harus dilindungi.

Di Indonesia terdapat berbagai macam hewan langka. Berikut ini adalah sejumlah hewan langka yang ada di Indonesia beserta gambarnya.



1. Komodo






foto hewan langka, gambar komodo, foto binatang
Foto: Komodo (Raul654, Wikipedia)

Komodo merupakan spesies kadal paling besar di dunia yang tinggal di pulau Komodo, Gili Dasami, Gili Motang, Flores, dan Rinca di Nusa Tenggara. Hewan ini termasuk hewan langka karena jumlahnya sudah sangat sedikit.



Komodo merupakan kadal terbesar di dunia dengan panjang rata-rata 2-3 meter. Ukuran tubuhnya yang besari dikaitkan dengan gejala gigantisme pulau, yaitu kecenderungan menjadi raksasanya tubuh hewan tertentu yang tinggal di pulau kecil karena tidak ada mamalia pemakan daging yang ada di pulau tempat tinggal komodo, dan laju metabolisme yang lambat.



Komodo ditemukan pada tahun 1910. Di alam bebas, habitat komodo telah mengalami penyusutan karena aktivitas manusia. Oleh karena itu, IUCN menggolongkan komodo sebagai spesies rentan punah. Hewan ini dilindungi di bawah pemerintahan Indonesia.



2. Orang Utan






Foto: Orangutan (Ysangkok, Wikipedia)

Orang utan meruapakan sejenis kera besar yang memiliki lengan panjang dan bulu berwarna kemerahan atau coklat, yang tinggal di hutan tropika Indonesia dan Malaysia, terutama Pulau Kalimantan dan Sumatera.



Orang utan dapat dijumpai di wilayah hujan tropis Asia Tenggara, yakni di pulau Kalimantan dan Sumatera. Saywa ini biasa tinggal di pepohonan yang lebat dan membuat sarang tempat tinggalnya dari dedaunan. Orang utan mampu hidup di berbagai jenis habitat, seperti hutan rawa air tawar, daerah aliran sungai, dataran rendah, perbukitan, hutan pegunungan, dan lainnya.



3. Anoa






Foto: Anoa (The Land, Wikipedia)

Anoa merupakan satwa khas Sulawesi. Anoa hidup di dalam hutan yang tak dijamah oleh manusia. Anoa mirip kerbau dan beratnya antara 150-300 kg.



Anoa dapat ditemukan di Pulau Sulawesi, Indonesia. Mulai tahun 1960-an, status anoa yaitu hewan yang terancam punah. Satwa ini seringkali diburu untuk dimanfaatkan daging, tanduk, dan kulitnya.



4. Badak Jawa

BadakJjawa merupakan hewan anggota famili Rhinocerotidae. Ukuran badak ini lebih kecil dibandingkan badak india. Badak ini juga disebut badak bercula-satu kecil.



Meskipun dinamakan badak jawa, satwa ini tidak hanya tinggal di pulau Jawa saja, namun di pulau lainnya di Indonesia, Tiongkok, India, dan sepanjang Asia Tenggara. Status spesies ini sangat kritis, hanya ada sedikit populasi yang dijumpai di alam bebas.



Di alam bebas, badak jawa mampu hidup antara 30-45 tahun. Habitat badak ini yaitu di hutan hujan dataran rendah, daerah daratan banjir besar, dan padang rumput basah.



5. Harimau Sumatera






gambar hewan langka, foto harimau
Foto: Harimau Sumatra (Monika Betley, Wikipedia)

Harimau Sumatera merupakan subspesies harimau yang memiliki habitat di pulau Sumatera. Satwa ini tergolong sebagai satwa kritis yang terancam punah menurut IUCN. 



Itulah sejumlah hewan langka di Indonesia dan gambarnya. Selain itu, masih banyak lagi hewan langka yang harus dilindungi agar terhindar dari kepunahan.

referensi: Wikipedia
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Senin, 10 November 2014.
0 Comments