Jumat, 24 Oktober 2014

Bagikan Artikel :

Surat pengumuman merupakan surat yang berisi tentang pemberitahuan tentang suatu hal yang ditujukan ke publik. Surat pengumuman dikeluarkan oleh berbagai instasi atau kalangan, mulai dari pemerintah hingga RT.





Bagian-bagian Surat Pengumuman


Adapun surat pengumuman terdiri dari bagian-bagian berikut ini.





1. Kop surat


Kop atau kepala surat berisi keterangan lembaga atau organisasi yang mengeluarkan surat pengumuman.





2. Nomor surat


Nomor surat berhubungan dengan proses pengarsipan. Selain itu, nomor surat juga dapat digunakan untuk melacak surat-surat tertentu. Misalnya, surat pengumuman kenaikan jabatan diawali dengan kode A dan surat pengumuman cuti bersama diawali dengan kode Z.





3. Tanggal


Tanggal surat pada surat pengumuman merupakan tanggal pembuatan surat, bukan tanggal pengumuman.





4. Hal dan lampiran


Bagian ini bisa dicantumkan dan bisa juga tidak. Hal atau perihal berisi garis besar surat. Sedangkan lampiran berisi lembaran lain yang dikirimkan bersama dengan surat.





5. Tujuan surat


Tujuan surat memuat informasi kepada siapa surat akan ditujukan. Apabila ditujukan hanya untuk satu orang, tulis nama lengkap dan alamatnya. Apabila ditujukan untuk lebih dari satu orang, cantumkan juga satu persatu nama dan alamat mereka.





6. Isi


Bagian isi merupakan bagian inti. Bagian isi merupakan bagian pokok yang hendak disampaikan dalam surat.





7. Tembusan


Tembusan bisa disertakan bisa pula tidak. Tembusan ditujukan pada orang atau pihak yang berkaitan dengan surat pengumuman.





Contoh Surat Pengumuman Sederhana - Pengumuman Sekolah





PENGUMUMAN





Diberitahukan kepada seluruh siswakelas XI SMA Suka Maju yang sudah terdaftar untuk mengikuti tour ke Semarang dimohon hadir pada:





Hari: Sabtu


Tanggal: 21 Desember 2013


Waktu: pukul 10.00 WIB


Tempat: Aula SMA Suka Maju





Seluruh siswa harap datang tepat waktu karena akan dijelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selama tour.





Terima kasih atas perhatian para siswa sekalian!








(Ttd)


TARJO


Ketua OSIS





Demikian contoh surat pengumuman resmi.
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Jumat, 24 Oktober 2014.
0 Comments