Jumat, 24 Oktober 2014

Bagikan Artikel :
Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang dibuat dengan tujuan untuk melamar pekerjaan di perusahaan, kantor, maupun instansi tertentu. Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, ada hal-hal tertentu yang perlu diperhatikan. Hal ini karena surat lamaran kerja termasuk surat resmi.



Surat lamaran kerja dapat diketik maupun ditulis tangan. Apabila surat ditulis tangan, maka tulisan tersebut hendaknya mudah dibaca, jelas, indah, dan rapi untuk memudahkan orang yang membacanya.



Surat lamaran kerja dapat dibuat sesudah calon pelamar kerja memperoleh informasi lowongan kerja pada suatu instansi atau perusahaan tertentu. Informasi lowongan kerja tersebut bisa didapatkan dari koran, internet, dan media massa lainnya. Di samping itu, ada juga pelamar yang membuat surat lamaran kerja atas inisiatif sendiri.



Dalam penulisan surat lamaran kerja, perlu dicantumkan jasa pelamar yang bisa didedikasikan, seperti pendidikan, pengetahuan, pengalaman yang menunjukkan kualitas pelamar kerja.


Karena termasuk surat resmi, isi surat lamaran pekerjaan harus singkat, jelas, padat, langsung pada intinya. Hindari membuat isi surat lamaran dengan bahasa yang bertele-tele dan kata-kata yang berlebihan.


Contoh Surat Lamaran Pekerjaan



Surabaya, 18 Juni 2013



Perihal      : Lamaran pekerjaan

Lampiran : 5 lembar



Yth. Kepala Bagian Personalia

Penerbit Merak Jantan

Jalan Angsa Putih 55

Jakarta



Dengan hormat,



Berdasarkan harian Warta Indonesia tanggal 17 Juni 2013, saya membaca bahwa perusahaan yang Bapak pimpin membutuhkan karyawan administrasi. Sesuai dengan jenis lowongan tersebut, dengan ini saya yang beridentitas:



nama                             : Subagyo

tempat dan tanggal lahir : 27 Maret 1990

alamat                           : Jalan Perkutut 55, Surabaya

pendidikan                    : SMK Nusa Bangsa



mengajukan surat lamaran untuk mengisi lowongan pekerjaan yang Bapak tawarkan.



Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan:

1. daftar riwayat hidup

2. fotokopi ijazah SMK

3. surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian

4. pasfoto terakhir (2 lembar)



Atas pertimbangan dan perhatian Bapak terhadap surat lamaran ini, saya mengucapkan terima kasih.



Hormat saya,



(ttd)



Subagyo



contoh surat lamaran kerja




Sumber Pustaka:

1. BSE Bahasa dan Sastra Indonesia, Demas Marsudi, Endang Padmini, dan Suwarni.

2. BSE Terampil Berbahasa Indonesia, Gunawan Budi Santoso, Wendi Widya R.D., dan Uti Darmawati.
Bagikan Artikel :
Disclaimer. Untuk Lirik lagu dan Video Klip adalah hak cipta / hak milik dari pengarang, artis, dan label musik yg bersangkutan. Seluruh media termasuk syair, ringtone, kord / kunci gitar, serta video klip (official YouTube) yang tersedia di situs ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi. Dan Kami juga tidak menyediakan file MP3 di situs ini. Jika Anda suka dengan single ini, belilah kaset / CD atau nada sambung pribadi (NSP/RBT)-nya untuk mendukung artis / penyanyi / grup band yang bersangkutan agar terus berkarya. Artikel ini sendiri dipublikasikan oleh In-thea.blogspot.com pada tanggal Jumat, 24 Oktober 2014.
0 Comments